Sabtu, 27 Juni 2009

Posted by PRAJADUTA
No comments | 11.17
PMR adalah wadah pembinaan generasi muda PMI sekaligus sebagai kader relawan masa depan. Dalam proses pembinaannya tersebut harus disertai dengan peningkatan pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang sesuai karakter Palang Merah itu sendiri. Dimana remaja akan lebih mengetahui, memahami, dan berprilaku sesuai dengan prinsip dasar gerakan Palang Merah dan Bulan Sabit Merah Internasional.
Selain itu sudah seharusnya diperlukan upaya pengembangan pembinaan agar nantinya mereka juga dapat berperan sebagai pendidik sebaya atau yang sering disebut dengan peer educator, yang dapat berbagi pengetahuan, keterampilan, dan sikap kepada teman-teman sebayanya. Sehingga peningkatan keterampilan hidup (life skill) dapat terwujud untuk
mendorong terjadinya prilaku yang positif pada kaum remaja.
Salah satu langkah pembinaan PMR yaitu melalui Jumpa Bakti Gembira (JUMBARA). Kegiatan ini merupakan ajang bagi PMR untuk mengevaluasi pengetahuan, keterampilan, dan sikap mereka yang telah diterapkan sebelumnya. Sesuai dengan arti harfiahnya JUMBARApun dikemas dalam bentuk kegiatan yang sesuai dengan pedoman Tri Bakti PMR yang ada. Dari kegiatan sosial kemasyarakatan, peningkatan wawasan, hingga persahabatan menjadi satu keutuhan aktifitas ini. Kegiatan ini juga sudah menjadi suatu yang bergengsi bagi kaum PMR baik dari tingkat nasional, daerah, cabang maupun ranting.(http://www.pmibali.or.id)

0 komentar:

Posting Komentar

Total Tayangan Halaman